pohon beluntas

Beluntas merupakan tanaman yang biasa di tanam di pekarangan sebagai pagar, atau biasa di sebut dengan pagar hidup. Tanaman ini biasanya di gunakan untuk sayuran pada pecel atau urap, lalapan. Selain itu beluntas bisa juga di gunakan untuk:  
  1. Mengobati sakit Demam. Caranya : Seduh 15 gr daun beluntas segar dengan air panas, diamkan sejenak kemudian minum airnya. Atau bisa juga dengan mengukus 100 g daun beluntas segar hingga matang yang kemudian di makan bersama nasi pagi dan sore. 
  2. - Menghilangkan Bau Badan. Caranya : Rebus 15 gr daun beluntas, 5 gr buah pinang dan garam dapur secukupnya dengan 3 gelas air sampai tersisa sekitar 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum airnya 2 kali sehari masing - masing 1 gelas, lakukan tiap hari agar hasilnya lebih maksimal.
  3.  - Mengatasi Rematik. Caranya : Rebus 15 gr akar beluntas yang sudah di cuci bersih dengan 3 gelas air sampai lunak. Selagi hangat makan akar tersebut, lakukan tiap hari untuk hasil maksimal.
  4.  - Mengobati Keputihan. Caranya : Rebus 20 lembar daun beluntas, 4 potong temulawak kering, 4 ruas jari kunyit, seruas jari kencur dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari pagi dan malam hari masing - masing 1/2 gelas.
  5.  - Mengobati Hipertensi. Caranya : Rebus daun beluntas secukupnya dengan air secukupnya pula hingga mendidih, kemudian minum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.
  6.  - Mengatasi Haid Tidak Teratur. Caranya : Tumbuk sampai halus 2 genggam daun beluntas, kemudian tambahkan 2 gelas air masak dan garam sebesar biji asam. Selanjutnya peras dan saring lalu di minum 3 kali sehari masing - masing 1 gelas.