Manfaat jahe buat mengobati demam dan pilek

Tanaman Jahe (Zingiber Officinale), adalah tanaman yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Bentuknya seperti jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasanya yang pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Tanaman ini termasuk dalam suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata yunani zingiberi, dari bahasa sansekerta, singaberi.

Beberapa khasiat jahe adalah sebagai berikut:
    a. Mengobati demam dan batuk pilek.
        Caranya, ambil 1/2 jari jahe, lalu tumbuk halus dan rebus dengan 2 gelas air mendidih selama kurang lebih 1/2 jam. Minum airnya selama 2-3 kali dalam sehari.
    b. Mengobati encok.
        Caranya, giling halus 2 jari jahe dan 5 siung bawang merah, kemudian campurkan bersama satu cangkir tepung terigu dan air. Gunakan untuk menggosok bagian yang terasa sakit dua kali sehari secukupnya.
    c. Mengobati pegal linu.
        Caranya, ambil sejengkal jahe, lalu cuci bersih dan giling halus. Tempelkan pada bagian yang terasa pegal linu, lalu balut dan diselimuti. Lakukan sebelum tidur.

Beberapa macam jahe yang sangat populer di masyarakat, yaitu:
·         @ Jahe gajah/jahe badak :
               Merupakan jahe yang paling disukai di pasaran internasional. Bentuknya besar gemuk dan rasanya tidak terlalu pedas. Dagingnya berwarna kuning hingga putih.
·         @ Jahe kuning
Merupakan jahe yang banyak dipakai sebagai bumbu masakan, terutama untuk konsumsi lokal. Rasa dan aromanya cukup tajam. Ukurannya sedang dengan warna kuning.
·         @ Jahe merah
Jahe jenis ini memiliki kandungan minyak atsiri tinggi dan rasa paling pedas, sehingga cocok untuk bahan dasar farmasi dan jamu. Ukurannya paling kecil dengan kulit warna merah, serat lebih besar dibanding jahe biasa.