khasiat jambu biji


**Sekilas tentang jambu biji** 
Siapa yang tidak mengetahui dengan buah yang satu ini. Buah yang memiliki nama latin Psidium guajava, mengandung berbagai zat gizi yang dapat digunakan sebagai obat. Sebelum membahas lebih jauh tentang kandungan jambu biji, alangkah baiknya jika kita mengenal lebih dalam tentang jambu biji ini. Kandungan vitamin C jambu biji dua kali lipat jeruk manis yang hanya 49 mg per 100 g buah. Vitamin C itu terkonsentrasi pada kulit dan daging bagian luarnya yang lunak dan tebal. Kandungan vitamin C jambu biji memuncak saat menjelang matang. Artinya 275 gram jambu biji dapat kebutuhan harian akan vitamin C pada tiga orang dewasa atau dua anak-anak. Jambu biji juga kaya serat, khususnya pektin (serat larut air). Manfaat pektin antara lain menurunkan kolesterol dengan cara mengikat kolesterol dan asam empedu dalam tubuh serta membantu mengeluarkannya. Para peneliti mengatakan bahwa jambu biji dapat menurunkan kadar kolestreol total dan trigliserida darah serta tekanan darah pada penderita hipertensi. Ada pun tanin yang menimbulkan rasa sepat pada jambu biji bermanfaat memperlancar sistem pencernaan dan sirkulasi darah, serta menyerang virus. Kalium yang terkandung pada buah ini berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel tubuh, serta menurunkan kadar kolesterol total dan tekanan darah tinggi (hipertensi). 
Menurut penelitian, memakan jambu biji 0,5-1 kg/hari selama empat minggu, risiko terkena sakit jantung dapat berkurang hingga 16 persen. Dalam jambu biji juga ditemukan likopen, yaitu zat karotenoid (pigmen penting dalam tanaman) yang memiliki aktivitas antioksidan, sehingga bermanfaat memberikan perlindungan pada tubuh dari serangan beberapa jenis kanker. Dalam jambu biji merah, kandungan likopen ini tersedia dalam jumlah melimpah. 
Ragam Pemanfaatan Jambu biji biasa digunakan untuk mengobati penyakit seperti : 
1. Penguat jantung, membantu sistem pencernaan, dan anti kanker.
 Jus jambu biji 200 ml, Jus apel 400 ml, Jus melon 200 ml, Madu murni 100 cc, Blender semua bahan sampai halus kemudian simpan di lemari pendingin. Minum secara teratur setiap pagi dan sore masing-masing 300 cc.
2. Demam berdarah dengue (DBD).
Tiga buah jambu biji yang matang atau mengkal dicuci bersih. Jambu yang sudah matang diblender sampai halus lalu disaring sehingga diperoleh jus jambu bijinya. Jus jambu biji diminum tiga kali sehari sampai DBD sembuh. Buah yang mengkal dimakan langsung bersama kulitnya. Biji buah tidak perlu ikut dimakan.
3. Diare.
Tiga lembar daun jambu biji muda segar dikunyah dengan sedikit garam, lalu ditelan. Lakukan sehari 2 kali. Anda juga bisa melakukan cara seperti ini, enam lembar daun jambu biji dicuci bersih lalu ditumbuk sambil diberi 1 cangkir air matang, peras, minum airnya. Cukup untuk diminum 2 kali sehari. Minum air perasannya. Lakukan setiap hari secara teratur, sampai benar-benar sembuh.
4. Maag.
Delapan helai daun jambu biji dicuci, rebus dengan 1,5 liter air. Diminum 3 kali sehari.
5. Disentri.
Siapkan akar daun jambu biji secukupnya dan daun jambu 10 lembar. Potong-potong akar dan daun, cuci bersih, lalu rebus dengan air secukupnya selama 20 menit pada suhu 90 derajat Celsius. Saring air rebusan lalu minum secukupnya secara teratur sampai keluhan hilang.
6. Luka.
Tiga pucuk daun jambu biji dicuci, kunyah sampai lumat. Kemudian tempelkan pada luka. Kandungan astringent pada jambu biji dapat menghentikan perdarahan.
7. Keputihan.
Dua genggam daun jambu biji muda dan 7 helai daun sirih dicuci, rebus dengan segelas air, kemudian saring. Tunggu agak dingin lalu minum. Cukup untuk diminum 2 kali sehari.
8. Perut kembung pada anak.
Siapkan tiga helai daun jambu biji, 2 cm kulit batang pulasari, 5 butir adas direbus dengan 1,5 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring. Minumkan pada anak 3 kali sehari. Dosis untuk anak di bawah umur 3 tahun sesendok makan, di atas 3 tahun 2 sendok makan.
9. Sakit kulit. 
Segenggam daun jambu biji muda dan 7 kuntum bunga jambu biji dicuci, lumatkan sampai halus. Gosokkan pada kulit yang sakit. Langkah lain yaitu, Ambil daun jambu biji segar 500 gram dipotong-potong lalu direbus dengan air panas selama 20 menit. Saring air rebusan lalu gunakan untuk mandi selagi airnya masih hangat. Lakukan secara teratur sampai penyakit kulit hilang.
10. Beser (sering buang air kecil).
Tiga pucuk daun jambu biji dicuci, lalap dengan sedikit garam dan merica. Makan setiap siang dan malam selama 2 hari.
11. Sariawan.
Rebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air, kemudian saring dan minum 2 kali sehari.
12. Luka berdarah atau borok di sekitar tulang.
Lumatkan daun jambu biji segar, tempelkan di tempat yang sakit. Lakukan beberapa kali sehari.

Semoga info di atas bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk berdoa agar sakit yang di derita cepat sembuh.