Sayuran penambah darah

Anemia atau kekurangan darah sangat tidak baik bagi tubuh, apalagi jika itu terjadi kepada ibu hamil, atau juga ibu yang baru saja habis melahirkan. Karena jika kekurangan darah, tubuh akan lesu, mudah lelah, sering mengantuk, muka terlihat pucat,dll. Jika ini terjadi pada ibu yang sedang mengandung maka sangat berbahaya. Terutama bagi janin yang di kandungnya.
Jadi sebaiknya, bagi penderita yang kekurangan darah sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan penambah darah, yaitu makanan yang mengandung zat besi, vitamin c, makanan yang mengandung vitamin B12, makanan yang kaya akan folat, dan juga memiliki kandungan vitamin C. Banyak sekali makanan yang mengandung zat penambah darah,seperti daging2an,buah2an,dan sayuran.Namun, terkadang ada beberapa orang yang kurang suka mengkonsumsi daging, seperti daging kambing. Maka dari itu saya akan membahas makanan yang mengandung zat penambah darah yang di dapatkan dari sayuran.

Berikut ini beberapa sayuran penambah darah :
@  Sayuran bayam (amaranthus caudatus)
Bayam adalah jenis tumbuhan yang banyak di jumpai di asia timur, asia tenggara dan america. Bayam mempunyai dua jenis. Bayam yang di cabut dan bayam yang di petik. Bayam sangat baik bagi penderita kekurangan sel darah merah. Terlihat dari batang sampai daunnya yang hijau. Bayam kaya akan zat besi dan folat yang bisa meningkatkan darah. Dan sangat cocok bagi penderita anemia.
Tetapi perlu diingat,  jangan memakan bayam yang sudah di masak lebih dari 5 jam atau sayur bayam yang dipanaskan kembali. Karena jika sudah di masak dan berinteraksi dengan oksigen setelah 5 jam akan membuat racun. Meski di masukkan kedalam kulkas sebaiknya hindari hal tersebut.

@ Kangkung (ipomoea aquatica forsk)
Kangkung tak jauh berbeda dengan bayam, karena bisa sebagai sayuran penambah darah yang baik. Terlihat dari batang dan daunnya yang hijau, serta kandungan zat besinya yang sangat tinggi. Kangkung bisa anda sayur bening , sayur tumis, di jadikan urap atau sesuka anda. Kangkung juga ada yang di cabut dan ada juga yang di petik. Namun semuanya tetap sebagai sayuran penambah darah yang baik.
Selain itu ubi, kacang polong hijau, kol, lobak, kacang merah, sawi, kentang, brokoli, juga termasuk makanan yang bisa menambah darah.
Semoga artikel di atas bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi anda semua.